Workshop Pembelajaran Berbasis TIK



SDIT Al-Hidayah - Teknologi komunikasi dan informasi (TIK) saat ini memang sudah tak bisa lagi kita pisahkan dari kehidupan manusia modern. Setiap harinya kehidupan kita selalu dipenuhi dengan perangkat-perangkat TIK tersebut. Berlatarbelakang hal tersebutlah maka akhirnya SDIT AL-HIDAYAH Sumenep memutuskan untuk melaksanakan Workshop Pembelajaran Berbasis TIK dengan pemanfaatan program EDMODO yang dilaksanakan pada tanggal 12 Nopember 2016 Sabtu kemarin, dengan harapan dapat menunjang media pembelajaran menjadi model pembelajaran yang efektif dan inovatif.

Media merupakan sebuah perangkat atau alat. Sedangkan pembelajaran memiliki arti sebagai sebuah kegiatan penyampaian informasi terkait ilmu pengetahuan dari tenaga pendidik kepada para peserta didik yang dimilikinya. Dengan demikian dapat kita tarik sebuah pengertian mengenai media pembelajaran berbasis TIK adalah sebuah alat atau perangkat yang diperlukan dalam proses kegiatan penyampaian informasi berupa ilmu pengetahuan dari seorang tenaga pendidik kepada para peserta didik yang menggunakan teknologi komunikasi dan informasi.

Perlu diketahui bahwa sebagai salah satu model pembelajaran inovatif yang terus dikembangkan tentunya pembelajaran berbasis TIK dengan pemanfaatan program EDMODO ini memiliki banyak kelebihan di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Mudah dipahami/digunakan
2. Dapat mendukung preview berbagai jenis format file
3. tidak hanya dapat diakses dengan menggunakan PC tetapi juga bias diakses gadget (Android OS).

Model pembelajaran ini tentu terkesan lebih menarik. Hal tersebut memungkinkan bagi para tenaga pendidik maupun para peserta didik untuk lebih kreatif dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi sebagai media pembelajaran yang menyenangkan. Dengan pembelajaran berbasis TIK ini maka kegiatan pembelajaran akan semakin berkembang. Seperti yang yang telah kita ketahui bersama bahwa saat ini perangkat teknologi ini terus berkembang, sehingga dengan menyisipkannya dalam kegiatan pembelajaran maka baik peserta didik maupun tenaga pendidik akan sama-sama berjuang untuk mengikuti perkembangan teknologi yang digunakan.
Semoga beberapa ulasan di atas, dapat memberikan banyak manfaat bagi para pembaca sekalian. Sekian, terima kasih.
Share on Google Plus

0 komentar:

Posting Komentar